Senin, 11 Agustus 2014

LAND OF DAYAK



Kali ini saya akan mengupas lebih dalam tentang keindahan alam,budaya serta tempat-tempat indah yang mungkin belum pernah anda kunjungi sejauh ini… saya yuni tujuan disini hanyalah untuk memperkenalkan alam yang sama sekali belum dijamah media yang harus dikenal dunia.  Okeee kita lanjut pada topic sebut saja ‘Kabupaten Landak’ Kalimantan barat, indonesia. nama Landak  bukan berarti daerahnya mempunyai populasi binatang landak terbanyak..Namun Landak berasal dari Bahasa Belanda yang terbagi menjadi dua suku kata Lan dan Dak, LAN artinya Pulau dan DAK artinya Dayak, oleh sebab itu mayoritas penduduk aslinya adalah Suku Dayak (Dayak kanayatn)  dan saya salah satu penduduknya.
Berdasarkan catatan sejarah bahwa kata "Dayak" ditulis oleh para penulis Belanda zaman itu dalam bentuk "Dyak" atau "Dyaker". Sementara kata "Land" berarti "tanah". "Land-Dyak" sebenarnya bermakna "Tanah Dayak" yang kemudian diubah menjadi "Landak". Kabupaten Landak ini sama sekali tidak berhubungan dengan binatang bernama landak.
Terdiri dari 13 kecamatan, ini merupakan Kabupaten terbaru  terbentuknya Kabupaten Landak berdasarkan UU No. 55 Tahun 1999 tanggal 4 Oktober 1999, dan Bupati pertama Kab.Landak adalah  Drs. Cornelis, M.H. menjabat selama dua periode 2001–2006 dan 2006–2008  dan sekarang beliau  Gubernur Kalimantan barat saat ini.  Tentu saja saya bangga mempunyai pemimpin bersuku Dayak.
Dan sejauh ini cukup dulu pengenalannya yaaa…kwkwk…
Makam Juang Mandor, Peristiwa Mandor adalah peristiwa pembantaian massal yang menurut catatan sejarah terjadi pada tanggal 28 Juni 1944. Peristiwa Mandor ini sendiri sering dikenang dengan istilah Tragedi Mandor Berdarah yaitu telah terjadi pembantaian massal tanpa batas etnis dan ras oleh tentara Jepang dengan samurai. Menurut sejarah hampir terdapat 21.037 jumlah pembantaian yang di bunuh oleh Jepang, namun Jepang menolaknya dan menganggap hanya 1.000 korban saja. 


                                                                                   Gerbang Makam Juang Mandor kec.mandor

                                                                                           Halaman Makam Juang
                                                                      Monumen Bersejarah
j



                     Saksi nyata yang masih kita lihat,bukti kekejaman tentara Jepang pada bangsa Pribumi. 
                                                                              Makam 1 jl.kematian (Makan juang Mandor)



                                     Bekas pertambangan emas illegal tepat lurus dari jalan.kematian, Makam juang Mandor


    Mampir dulu gan.... di rumah saya tepatnya di pasar senakin...... 

                                                                 Pasar Senakin kec. sengah temila Kab. Landak 

                                               Gunung Seha' (Desa Asong Palah Kec.Sengah Temila Kab.Landak) 

     sejauh mata memandang panorama alam terlihat dari atas gunung seha’ dibawah terlihat beberapa  pemukiman warga. desa Aur, sampuk,gunaleng,ayo dan Senakin. 

                                                                                               Sirkuit Alam

                                                ngopi-ngopi dulu gan....kita nyantai di warung kopi seha'






Membahas tentang budaya… Upacara adat yang biasa diadakan oleh suku ini antara lain Naik Dango Muakng Rate, Notokng, balenggang, babore, Gawai Dayak dan lain-lain. Bahasa asli adalah bahasa ahe.Sekarang ini banyak orang Dayak Kanayatn yang menganut agama Kristen dan segelintir memeluk Islam. Kendati sudah memeluk agama, tidak bisa dikatakan bahwa orang Dayak Kanayatn meninggalkan adatnya. Hal menarik ialah jika seorang Dayak Kanayan memeluk agama Islam, ia tidak lagi disebut Dayak, melainkan Melayu atau orang Laut.
Mengenai pemukiman orang-orang dayak jaman dahulu dengan bentuk rumah yang panjang,dan tinggi.untungnya sampai sekarang kita masih bisa melihat sendiri ciri khas rumah betang panjang (rumah panyakng) tersebut.




                       Rumah panyakng sahapm, desa sahapm-pahauman kec.sengah temila Kab.landak




Lanjut sebelum memasuki kota besar di landak alangkah baiknya kita melihat pembangunan Stadion patih gumantar yang mungkin sampai sekarang ini masih dalam tahap pengerjaan. 

                                      Lokasi Stadion Patih Gumantar, kec.Ngabang kab.Landak. 





 
Dan sampai di kotanya Kabupaten Landak sebelum memasuki area pasar Ngabang di tepi jalan terlihat megah bangunan kantor BUPATI LANDAK serta halamannya...cekidotttttttttttttttt..............!!

                                                                                      Kantor Bupati Landak  

semboyan kami :

 


"ADIL KA’ TALINO, BACURAMIN KA’ SARUGA, BASENGAT KA’ JUBATA…. ARUS…ARUS…ARUS…..!!"





 Oleh      : Marthalia Yuniati

Selingan  : 
                                                                    (Riuh,Adhe,Izul)

                 Objek wisata Riapm Solakng, desa Senakin.. kec. sengah temila (Artist: Riuh, adik bungsu anne)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar